Selasa, 02 Januari 2018

Membuat Desain Bangunan Menggunakan Elemen Revit

Bangunan biasanya didesain "dari dalam keluar". Ini berarti bahwa designer konsentrasi pada fungsi dan / atau hubungan antar ruangan untuk membentuk bagunan daripada bagaimana bagunan akan nampak dari luar. Jadi bentuk bangunan akan menyesuaikan kemudian.

Dalam situasi seperti ini, membuat denah sket dinding adalah jalan yang paling efisien untuk memulai konseptual desain. Pintu, Jendela dan elemen lain akan diletakkan kemudian sebagai bagian dari proses desain development.



Dengan Revit kita bisa dengan mudah membuat dinding 3D semudah menarik garis di AutoCAD
Ketika men-sket dinding, di layar komputer tampil jarak dan sudut yang editable, dan cursor membaca snap seperti endpoints, intersections, midpoint dll untuk memudahkan kita dalam membuat sket dinding.



Panjang dinding dapat disesuaikan dengan mudah dengan cara edit angka pada jarak, dinding akan otomatis menyesuaikan panjangnya.



Kita juga bisa "mengunci" panjang wall sehingga bisa terjaga jika wall yang terhubung dengan wall tersebut dipindah akan ada warning.


Elemen bangunan lain seperti pintu, jendela, lantai, tangga, atap, furniture dan equipment bisa di ambil (load) dari library yang ada atau membuat manual dengan model in place. Ada beberapa tab yang disesuaikan dengan elemen apa yang akan kita ambil dari library, apakah elemen arsitektur, struktur  atau ME (system)



Kita dapat menambah elemen bangunan dari denah, tampak, potongan maupun dari tampak 3D


Ketika komponen sudah ditambahkan di dalam Revit, jika kita membuat 2 elemen yang berhubungan kita bisa menguncinya untuk editnya menjadi efisien. Contoh ilustrasi dibawah, kedua buah jendela lokasinya sejajar di tengah - tengah element. Ketika kita menggeser salah satu jendela, maka jendela yang berhubungan akan ikut tergeser menyesuaikan pada lokasi yang sejajar.


Pada ilustrasi dibawah jarak tengah ke 3 jendela dan 2 dinding akan kita buat sama (Equality)


Jika dinding yang kiri kita geser, otomatis jendela akan bergeser menyesuaikan agar jarak antar mereka (3 jendela dan 2 dinding) akan tetap sama.



Pada bahasan selanjutnya adalah membuat sket bangunan dengan mass model.